Rabu, 01 Juli 2009

Cemburu

 


Cemburu, dalam bahasa Arabnya disebut ghirah yang berarti " semangat yang menggelora karena tidak mau dihina, diremehkan, atau karena kehormatannya dikurangi." 

 Imam Ibnu Qayyim Al Jauziyah menjelaskan, cemburu itu ada dua macam. Yaitu cemburu karena kekasih, dan cemburu terhadap kekasih. Apakah bedanya? Cemburu karena kekasih adalah semangat yang menggelora dan marah jika kekasihnya itu diremehkan haknya, direndahkan kehormatannya, dan mendapat gangguan dari pihak lain (rivalnya).

 Cemburu ini adalah kecemburuan hakiki yang merupakan manifestasi rasa cinta. Cinta yang sedemikian besar, sehingga sang pencemburu merasa nothing to lose untuk mengorbankan raga, harta, bahkan jiwanya demi sang kekasih, sampai penyebab cemburunya itu hilang dan sirna. 

 Cemburu yang kedua, adalah cemburu terhadap kekasih...? cemburu yang kedua ini adalah kemarahan dan ketersinggungan orang yang jatuh cinta terhadap pihak lain yang juga mencintai kekasihnya. Baik sang kekasih mengabaikannya, apalagi bila sang kekasih menyambutnya.

Bisa berbunga-bunga rasanya, pokoknya seperti terbang.

Posting Komentar